Pages

Rabu, 12 Juni 2013

Pengantar Pendidikan



Hakikat Belajar & Pembelajaran :
                Belajar adalah Prilaku untuk mendapatkan sesuatu (ILMU), Sehingga dari tidak tau menjadi tau.
Pembelajaran adalah Proses mendapatkan sesuatau (ILMU) dengan adanya interaksi dengan orang lain.
Belajar Pembelajaran (Learning & Intructions)
Learning menurut Fortana Tahun 1984 Mengukakan bahwa proses perubahan yang relatis tetap sebagai hasil pengalaman ada 3 yaitu .
1. Bahwa belajar harus memungkinkan terjadiny perubahan prilaku individu.
2. Bahwa belajar merupakan buah dari pengalaman.
3. Bahwa belajar terjadi pada individu yang tersedia.
Pembelajaran/ Intructions
Menurut Romis Zowski tahun 1991 Adalah mengekakan proses pembengajaran berpusat pada tujuan proses yang dalam banyak hal dapat di runcanakan sebelumnya.
Belajar Menurut Sukinnem  Bahwa belajar adalah suatu prilaku dari yang tidak tahu dari yang bodoh jadi pinter
Belajar Menurut Dakne bahwa belajar merupakan kegiatan yang kompleks(Menyeluruh/umum).
Belajar menurut Piaget adalah bahwa belajar merupakan pengetahuan yang di bentuk oleh individu.
4 tahap belajar menurut Piaget :                                                                         
1.       Menentukan topic yang dapat di pelajari oleh karena sendiri.
2.       Memilih atau mengembangkan aktivitas kelas dengan topik tertentu.
3.       Mengetahui kesempatan bagi guru untuk mengemukakan pertanyaan yang menunjang proses pemecahan masalah.
4.       Menilai pelaksanaan setiap kegiatan,memperhatikan keberhasilan dan revisi.

Di Bawah Mencari Di Website :
1 ranah/tingkatan Kognitif.
2.ranah/tingkatan Psikomotor.
3.ranah/tingkatan Afektif.

Soal.

1.       Jelaskan menurut pendapat anda upaya yang dapat dilakukuan guru membuat suasana belajar kelas kondusif?
2.       Dapatkah dikatakan bahwa mengajaran yang berhasil adalah juga belajar berhasil? Megapa demikian?
1.       Menurut saya, suasana belajar  di kelas kondusif itu tergantung dari guru yang mengajar, karena kalau gurunya pasif Maka suasana di dalam kelas akan Kondusif, begitu juga guru yang aktif saat mengajar maka suasana belajar tidak akan kondusif.
2.       Karena jika guru saat mengajar itu tegas untuk menyampaikan Pelajaran, maka siswa yang mendengarkan/memperhatikan akan tahu yang dijelaskan oleh gurunya.


Jenis” Belajar

Belajar isyarat : (signal Learning) = Belajar dengan melakukan/tidak melakukan  sesuatu karena adanya tanda isyarat.

Belajar stimulus Respond: (Stimulus response learning) = Belajar yang terjadi pada individu karena ada rangsangan dari luar Ex. Kaget.

Belajar rangkaian : (chaining learning) = Belajar terjadi melalui perpaduan berbagai stimulus respond yang telah di pelajari sebelumnya sehingga melahirkan prilaku yang spontan.

Belajar asosiasi ferbal : (verbal asosiciation learning) =  Belajar terjadi bila individu telah di ketahui sebutan untuk dapat menangkap makna yang bersifat ferbal.

Belajar membandingkan : (Discrimination Learning) = Belajar terjadi bila individu berhadapan dengan benda,suasana atau pengalaman yang luas dan mencoba membeda bedakan jumlahnya.

Belajar Konsep : (Concept Learning) = Belajar terjadi bila individu menghadapi berbagai fakta atau data yang kemudian di tafsirkan dalam suatu pengertian yang abstrak/Tidak nyata.

Belajar Hukum :  (Rule learning) = Belajar bila individu menggunakan beberapa rangkaian peristiwa yang diberikan sebelumnya & ditarik kesimpulan menjadi suatu data.

Belajar Pemecahan masalah : (Problem saving learning) = Belajar terjadi bila individu menggunakan konsep untuk menjawab suatu pertanyaan.

0 komentar:

Posting Komentar