Hakikat
Belajar & Pembelajaran :
Belajar
adalah Prilaku untuk mendapatkan sesuatu (ILMU), Sehingga dari tidak tau
menjadi tau.
Pembelajaran
adalah Proses mendapatkan sesuatau (ILMU) dengan adanya interaksi dengan orang
lain.
Belajar Pembelajaran
(Learning & Intructions)
Learning
menurut Fortana Tahun 1984 Mengukakan bahwa proses perubahan yang relatis tetap
sebagai hasil pengalaman ada 3 yaitu .
1.
Bahwa belajar harus memungkinkan terjadiny perubahan prilaku individu.
2.
Bahwa belajar merupakan buah dari pengalaman.
3.
Bahwa belajar terjadi pada individu yang tersedia.
Pembelajaran/
Intructions
Menurut
Romis Zowski tahun 1991 Adalah mengekakan proses pembengajaran berpusat pada
tujuan proses yang dalam banyak hal dapat di runcanakan sebelumnya.
Belajar Menurut Sukinnem Bahwa belajar adalah suatu
prilaku dari yang tidak tahu dari yang bodoh jadi pinter
Belajar Menurut Dakne bahwa belajar merupakan kegiatan yang kompleks(Menyeluruh/umum).
Belajar menurut Piaget adalah bahwa belajar merupakan pengetahuan yang di bentuk oleh
individu.
4 tahap belajar menurut
Piaget :
1. Menentukan topic yang dapat di pelajari oleh karena sendiri.
2. Memilih atau mengembangkan aktivitas kelas dengan topik tertentu.
3. Mengetahui kesempatan bagi guru untuk mengemukakan pertanyaan yang
menunjang proses pemecahan masalah.
4. Menilai pelaksanaan setiap kegiatan,memperhatikan keberhasilan dan
revisi.
Di Bawah Mencari Di Website :
1
ranah/tingkatan Kognitif.
2.ranah/tingkatan
Psikomotor.
3.ranah/tingkatan
Afektif.
Soal.
1.
Jelaskan menurut pendapat anda
upaya yang dapat dilakukuan guru membuat suasana belajar kelas kondusif?
2.
Dapatkah dikatakan bahwa
mengajaran yang berhasil adalah juga belajar berhasil? Megapa demikian?
1.
Menurut saya, suasana
belajar di kelas kondusif itu tergantung
dari guru yang mengajar, karena kalau gurunya pasif Maka suasana di dalam kelas
akan Kondusif, begitu juga guru yang aktif saat mengajar maka suasana belajar
tidak akan kondusif.
2. Karena jika guru saat mengajar itu tegas untuk menyampaikan Pelajaran,
maka siswa yang mendengarkan/memperhatikan akan tahu yang dijelaskan oleh
gurunya.
Jenis”
Belajar
Belajar
isyarat : (signal Learning) = Belajar dengan melakukan/tidak melakukan sesuatu karena adanya tanda isyarat.
Belajar
stimulus Respond: (Stimulus response learning) = Belajar yang terjadi pada
individu karena ada rangsangan dari luar Ex. Kaget.
Belajar
rangkaian : (chaining learning) = Belajar terjadi melalui perpaduan berbagai
stimulus respond yang telah di pelajari sebelumnya sehingga melahirkan prilaku
yang spontan.
Belajar
asosiasi ferbal : (verbal asosiciation learning) = Belajar terjadi bila individu telah di
ketahui sebutan untuk dapat menangkap makna yang bersifat ferbal.
Belajar
membandingkan : (Discrimination Learning) = Belajar terjadi bila individu
berhadapan dengan benda,suasana atau pengalaman yang luas dan mencoba membeda
bedakan jumlahnya.
Belajar
Konsep : (Concept Learning) = Belajar terjadi bila individu menghadapi berbagai
fakta atau data yang kemudian di tafsirkan dalam suatu pengertian yang
abstrak/Tidak nyata.
Belajar
Hukum : (Rule learning) = Belajar bila
individu menggunakan beberapa rangkaian peristiwa yang diberikan sebelumnya
& ditarik kesimpulan menjadi suatu data.
Belajar
Pemecahan masalah : (Problem saving learning) = Belajar terjadi bila individu
menggunakan konsep untuk menjawab suatu pertanyaan.
0 komentar:
Posting Komentar